-->

Ads

pengertian Nefropati diabetik (ND) adalah

Nefropati diabetik (ND) didefinisikan sebagai sindrom klinis pada pasien DM yang ditandai dengan albuminuria menetap > 300 mg/24 jam pada minimal dua kali pemeriksaan dalam kurun waktu 3 sampai 6 bulan pada minimal dua kali pemeriksaan dalam kurun waktu tiga sampai enam bulan1 atau penurunan kecepatan filtrasi glomerulus dan peningkatan tekanan darah arterial tetapi tanpa penyakit ginjal lainnya atau penyakit kardiovaskuler. 
 
Kondisi ini merupakan salah satu komplikasi Diabetes Mellitus (DM) yang paling serius dan paling sering menyebabkan gagal ginjal stadium terminal (end stage renal disease) hampir di seluruh dunia3. Sekitar 40% penderita ESRD adalah pasien DM dengan komplikasi nefropati diabetik
 
Nefropati diabetik merupakan komplikasi mikrovaskuler tersering yang terjadi pada penderita DM di Amerika dan Eropa5. Sekitar 20% sampai 30% penderita kasus DM akan berkembang menjadi kasus nefropati diabetik. Setelah 20 tahun onset nefropati, 20% penderita DM akan mengalami gagal ginjal terminal4. Seiring dengan meningkatnya prevalensi DM, diperkirakan prevalensi ND pun akan semakin meningkat. Artikel ini akan membahas mengenai perubahan struktural dan fungsional pada nefropati diabetik dan mekanisme molekuler yang mendasarinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel