-->

Ads

Faktor kadar tiroksin bebas sebagai prediktor relaps

Faktor kadar tiroksin bebas sebagai prediktor relaps


Kelenjar tiroid mempunyai 2 hormon aktif yaitu thyroxine (T4) dan triiodothyronine (T3). T4 diproduksi hanya di kelenjar tiroid, sedangkan T3 selain kelenjar tiroid diproduksi juga di jaringan lain . T4 dan T3 kemudian disimpan di kelenjar tiroid dalam bentuk thyroglobulin. Kadar bebas T4 (FT4) dan T3(FT3) yang tidak terikat dengan protein menunjukkan aktivitas kelenjar tiroid.

    Terdapat beberapa peneliti yang mencoba mencari hubungan kadar hormon tiroid ini dengan penyakit hipertiroid Graves. Glaser dkk,36 melalui penelitian prospektif terhadap 51 anak dan  menemukan bahwa remisi tercapai bila ditemukan respon awal yang baik dalam 3 bulan pertama pemberian obat antitiroid  (OR 22,30, 95% IK, 2,06 sampai 242,30, p= 0,01), konsentrasi awal T4 bebas  dan T3 total yang lebih rendah dan usia diatas 14 tahun.

    Penelitian retrospektif yang dilakukan oleh Bhadada dkk,6 dengan melibatkan 56 anak menemukan kemungkinan tercapainya remisi lebih tinggi pada pasien dengan umur yang lebih muda, jenis kelamin lelaki, BMI yang tinggi, frekuensi denyut jantung yang lebih rendah (<100x/menit ) dan kadar awal T3 , T4 rendah.
Styne, dkk37 melakukan penelitian retrospektif yang melibatkan  191 anak dan  melaporkan bahwa pasien yang mencapai remisi merupakan pasien dengan usia lebih tua, skor BMI lebih tinggi, frekuensi jantung lebih rendah, kelenjar tiroid yang kecil atau mengalami pembesaran minimal, dan memiliki  konsentrasi serum awal T4 dan T3 yang lebih rendah, waktu yang lebih singkat untuk serum T4 dan T3 kembali normal  dan kadar TRAb yang lebih rendah. Tidak terdapat hubungan antara kejadian remisi dengan pemberian obat antitiroid PTU dan MMI yang diberikan.

Collen, dkk38 menemukan dalam penelitian prospektifnya bahwa anak lelaki lebih cepat mencapai remisi dibanding anak perempuan. Anak berusia dibawah 13 tahun membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapai remisi dibanding anak yang lebih tua. Anak dengan kadar hormon tiroid awal yang tinggi membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai remisi.

Penelitian yang mencari hubungan kadar awal hormon tiroid dengan relaps pada anak dilakukan oleh Kaguelidou, dkk.11 Penelitian yang dilakukannya berhasil merumuskan sistem skoring dalam memperkirakan relaps pada terapi ATD. Dari skoring ditemukan faktor usia, etnis, lama terapi ATD serta kadar awal FT4 dan TRAb sebagai prediktor relaps. Nilai tertinggi terdapat pada peningkatan awal kadar FT4 ≥ 50 mol/L (≥3,9 ng/dL) dalam prediksi relaps pada pasien anak dengan hipertiroid Graves selain lama terapi.

Dari beberapa penelitian tersebut diatas, didapatkan hubungan antara kadar awal serum hormon tiroid dan aktivitas penyakit hipertiroid Graves. Semakin tinggi kadar awal hormon tiroid maka semakin menyulitkan penyembuhan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel