-->

Ads

Pengaruh Pemberian Vitamin A terhadap Produksi ASI

Pembentukan ASI dipengaruhi hormon prolaktin tetapi selama terbentuk hormon estrogen maka pembentukan hormon prolaktin terhambat. Dengan berhentinya pengaruh estrogen setelah persalinan, produksi prolaktin meningkat dan mengaktifasi kelenjar buah dada memproduksi ASI. Karena adanya pengaruh hormon estrogen, progesteron, dan prolaktin selama kehamilan, dimana penyemprotan air susu dari puting susu terjadi akibat pelepasan oksitosin dari hipofisis posterior sebagai respon terhadap hisapan pada puting payudara yang telah berada di bawah pengaruh prolaktin. Oksitosin merangsang kontraksi otot polos duktus payudara yang menyebabkan keluarnya air susu., dimana oksitosin berada di bawah kontrol hipotalamus dan dipengaruhi oleh faktor emosi maupun fisik.

Vitamin A mempunyai aktivitas mirip hormon yaitu mengadakan interaksi dengan reseptor spesifik intraseluler pada jaringan target yaitu merangsang pertumbuhan epitel- epitel pada seluruh tubuh diantaranya adalah epitel otak dan payudara. Pada epitel otak vitamin A membantu hipofise anterior untuk merangsang sekresi hormon prolaktin, pada payudara vitamin A bekerja mengaktifkan sel-sel epitel pada alveoli untuk menampung air susu. (Astawan,2008). Vitamin A diabsorpsi sempurna, pesat dan praktis sempurna, kecuali bila dosis terlampau tinggi. Kadar dalam plasma mencapai puncak setelah 4 jam.

Resorpsinya lebih cepat dalam bentuk larutan air (emulsi homogen) daripada larutan minyak. Zat ini terikat ditranspor dengan RBP (Retinol Binding Protein) sebagian dioksidasi menjadi retinal dan asam retinoat yang bersama glukoronidanya diekskresi lewat kemih dan tinja. Pada ibu menyusui berisiko mengalami kekurangan vitamin A (KVA) karena pada masa tersebut ibu membutuhkan vitamin A yang tinggi untuk produksi ASI bagi bayinya. Status gizi dan kesehatan pada ibu hamil sangatlah penting, karena sering kali status gizi pada ibu menyusui terabaikan terlebih pada keluarga yang ekonominya menengah kebawah, hal ini menunjukan bahwa KVA merupakan masalah potensial bagi ibu serta bayi yang disusuinya. Manfaat vitamin A untuk ibu nifas sangat penting. Kondisi pemenuhan vitamin A harus sangat diperhatikan terlebih saat seseorang tengah menyusui/masa nifas. Jika kondisi ibu tidak memenuhi standar dan beresiko kekurangan vitamin A maka anaknya secara otomatis akan beresiko kekurangan vitamin A pula. Ibu menyusui membutuhkan vitamin A yang tinggi bagi produksi ASI. Untuk pencegahan defisiensi vitamin A pemberian dianjurkan untuk mengikuti kebutuhan yang meningkat pada bayi, yaitu dosis yang dianjurkan bagi ibu laktasi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel