-->

Ads

Pengertian Paritas Adalah

Paritas menunjukkan masa atau periode proses siklus reproduksi ternak dengan indikasi jumlah partus atau beranak dari induk ternak [Hadisusanto, 2008]. Menurut Feliciano, et al., [2003] yang dikutip Hadisusanto [2008] menyatakan bahwa paritas digolongkan menjadi tiga bagian, yaitu: 1. nuliparous [sapi perah dara], 2. primiparous [induk sapi perah yang sudah partus atau beranak satu kali] dan 3. pluriparous/multiparous [induk sapi perah yang sudah partus lebih dari satu kali]. Induk paritas I baru mencapai kematangan fisik 82-90% artinya induk sapi tersebut belum mencapai tingkat pertumbuhan yang maksimum. 

Paritas induk memberikan gambaran produksi susu yang berarti produksi susu yang dihasilkan belum mencapai maksimum karena puncak laktasi dicapai pada induk sapi laktasi ketiga, didukung hasil penelitian Sattar et al. [2005] menunjukkan bahwa primipara memiliki kemampuan menghasilkan produksi lebih rendah dibandingkan pluripara . Hal ini disebabkan karena kemampuan primipara memiliki kemampuan mengonsumsi bahan kering dan protein  lebih rendah dibandingkan konsumsi bahan kering dan protein pluripara.

Berdasarkan Tabel di atas, terlihat penampilan produksi susu paritas 1 dengan paritas 2 tidak menunjukan perbedaan yang signifikan, tetapi setelah paritas 4 dan paritas 5 mulai terjadi penurunan produksi yang signifikan,  sedangkan penampilan reproduksi berdasarkan S/C dan CI tidak menunjukkan perbedaan yang nyata pada berbagai paritas [2,3 dan 4]. 

Hasil penelitian  Tadesse et al. [2010] menyatakan bahwa penampilan produksi dan reproduksi sapi FH  menunjukkan adanya variasi pada berbagai paritas,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel