-->

Ads

SYARAT KUALITAS SUSU YANG BAIK

SYARAT KUALITAS SUSU YANG BAIK
Berdasarkan  batasan/standar codex (Milk Codex) pengujian mutu susu penting artinya, dan harus dikerjakan. Dengan pengujian mutu susu dapat dihindarkan usaha-usaha pemalsuan susu, yang mengakibatkan mutu susu tidak sesuai dengan codex susu. Penyimpangan-penyimpangan mutu susu sangat luas pengaruhnya tergantung status penyimpangannya. Penyimpangan susu antara lain dapat dikelompokkan sebagai berikut :
  •  (1)penyimpangan susunan susu, hal ini terjadi apabila susu dicampur dengan bahan-bahan yang kurang nilainya atau bahan yang tidak bernilai (misalnya : air, air beras dll), 
  • (2) penyimpangan keadaan susu, hal ini terjadi apabila susu kotor, berbau busuk atau berbau obat -obatan. Penyimpangan-penyimpangan susu ini dapat mempengaruhi kesehatan konsumen, karena mengandung bakteri yang menyebabkan penyakit tertentu misalnya TBC, abortus dan sebagainya. Disamping itu susu yang mutunya menyimpang tidak dapat dipakai untuk pembuatan/pengolahan produk susu seperti keju atau mentega, karena mutu menyimpang makamengakibatkan hasil produknya juga menyimpang.
Kualitas susu yang sampai ditangan konsumen  terutama ditentukanoleh:
1.  jenis ternak. 
2.  pakan yang diberikan. 
3.  kesehatan ternak. 
4.  penanganan 
5.  kebersihan dan kesehatan peternakan atau perusahaan susu.
Pemeriksaan susu dimaksudkan guna menjamin konsumen menerima susu dengan kualitas yang baik dan memberikan peluang yang baik untuk perkembangan peternakan ternak perah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel