-->

Ads

Faktor risiko umum pada CRS adalah

Faktor risiko umum pada CRS adalah hipertensi, diabetes melitus dan atherosklerosis. Ketiga faktor klasik ini merupakan faktor risiko pada PKV maupun PGK, sehingga dapat dimengerti adanya interaksi yang tinggi diantara kedua penyakit ini. Sebenarnya, seperti yang sudah sering ditulis dalam kepustakaan, kedua penyakit ini merupakan suatu kesatuan, sulit menentukan organ mana yang mengalami gangguan terlebih dahulu. Pasien yang diketahui dan dirawat oleh karena PGK seringkali kematiannya bukan oleh karena gagal ginjal tetapi gangguan jantung, sebaliknya dalam berbagai kepustakaan dilaporkan bahwa perburukan fungsi ginjal sangat mempengaruhi tingginya angka kematian pasien gagal jantung.
   
    Faktor-faktor penanda perburukan fungsi ginjal ( kenaikan kadar kreatinin serum > 0,3 mg/dl), adalah : 10,11
- Usia tua
- Ejection Fraction rendah
- Kadar kreatinin serum awal diatas normal
- Tekanan darah sistolik rendah
- Diabetes melitus
- Hipertensi
- Penggunaan obat anti platelet, diuretik, penyekat beta, dan kalsium antagonis

Pasien dengan LFG < 60 cc/menit/ 1,73 m2menunjukan angka kematian 40% lebih tinggi. 10,11Pada penelitian CHARM (Candesartan in Heart Failure Assessment in Mortality and Morbidity) penderita dengan ejection fraction dan eGFR rendah merupakan penanda yang signifikan untuk penurunan fungsi ginjal dan peningkatan angka kematian.

    Forman dkk (2004) membuat sistim score untuk memprediksi perburukan fungsi ginjal pada ADHF sebagai tercantum pada tabel berikut :
 Sistem skoring prediksi terjadinya perburukan fungsi ginjal pada ADHF

Sebanyak 35 % dari penderita ADHF yang memiliki score ≥ 3 di prediksi akan mengalami perburukan fungsi ginjal selama perawatan. Artinya bahwa bila seorang pasien ADHF mempunyai riwayat gagal jantung dan diabetes melitus dan tekanan sistolik > 160 mmHg (score=3) dapat diprediksi bahwa 35 % diantaranya akan mengalami perburukan fungsi ginjal , berapapun kadar kreatinin serum saat masuk.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel