-->

Ads

Pengertian Zat besi dan fungsi nya

Pengertian Zat besi dan fungsi nya

        Besi merupakan mineral mikro yang paling banyak terdapat didalam tubuh manusia dan hewan,yaitu sebanyak 3 -5 gram didalam tubuh manusia dewasa. Besi mempunyai beberapa fungsi esendial didala tubuh.sebagai alat angkut oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh.sebagai alat angkut elektron didalam sel,sebagai bagian terpadu berbagai reaksi enzim didalam jaringan tubuh.walaupun terdapat luas didalam makanan banyak penduduk dunis mengalami kekurangan besi,termasuk indonesia.kekurangan besi sejak tiga puluh tahun trakhir diakui berpengaruh terhadap produktivitas kerja.penampiln kognitif dan sistem kekabalan.

1.    Fungsi dan peranan zat besi

  •     Proses respirasi sel
Sebagai kofaktor bagi enzim-enzim yang terlimbat idalam reaksi oksidasi reduksi
  •     Metabolisme energi
Didalam setiap sel,besi bekerja sama dengan rantai protein pengangkut elektron yang berperan dalam langkah-langkah akhir metabolisme energi.protein ini memindahkan hidrogen dana elektron yang berasal dari zat gizi penghasil energi ke oksigen ,sehingga membentuk air. Dalam proses tersebut dihasilkan ATP sebagai besar besi berada didalam hemoglobin yaitu molekul protein mengandung besi dari sel darah merah dan hemoglobin didalam otot.hemoglobin didalam darah membawa oksigen dari paru-paru keseluruh jaringan tubuh dan membawa kembali karbon dioksida dari seluruh sel ke paru-paru untuk di keluarkan dari tubuh.
  •     Mengatur suhu tubuh
Menjaga suhu tubuh tetap stabil agar memungkinkan proses enzimatik dan metabolisme dapat terjadi dengan optimal pada suhu yang sesuai.
  •     Sebagai pelarut obat-obatan
Obat-obatan yang tidak larut dalam air dapat dilarutkan untuk enzim-enzim yang mengandung besi, sehingga dapat dikeluarkan dari dalam tubuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel