-->

Ads

Relaps penyakit hipertiroid Graves

Relaps penyakit hipertiroid Graves


Saat ini pengobatan hipertiroid Graves bertujuan mengubah keadaan hipertiroid menjadi eutiroid namun tidak mengobati penyebab dasar hipertiroid Graves tersebut. Pengobatan dengan yodium radioaktif ataupun pembedahan dengan subtotal atau total tiroidektomi membuat pasien berisiko mengalami hipotiroid dan membutuhkan suplemen tiroksin sepanjang hidupnya. Penyebab hipertiroid Graves yaitu TRAb seringkali tidak terkena langsung efek pengobatan sehingga penyebab dasar penyakit masih tetap ada.

    Pengobatan antitiroid selain menghambat pembentukan hormon tiroid  juga mempunyai efek menekan sistem imun namun  mekanismenya belum diketahui hingga saat ini. Angka kesembuhan (remisi) dengan pengobatan ATD sebesar 25% tiap dua tahun membuat pengobatan ini masih menjadi pilihan pertama. Remisi yang tercapai pada pemberian obat antitiroid berkisar 18,8% - 71,4% dengan lama pemberian obat 3 bulan – 11, 2 tahun.6,12,29 Hal ini berbeda dengan pemberian obat antitiroid pada orang dewasa, seperti yang dilaporkan oleh Maugendre, dkk30 bahwa pemberian lebih dari 18 bulan tidak memberikan dampak yang berarti untuk tercapainya remisi.

    Pasien hipertiroid Graves yang berhasil mencapai kesembuhan atau remisi memerlukan pemantauan sepanjang hidupnya karena pengobatan yang ada saat ini hanya mengatasi keadaan hipertiroid bukan penyebab dasarnya, sehingga pasien dapat mengalami keadaan hipertiroid (relaps). Relaps adalah kembalinya kondisi hipertiroid pasien dengan manifestasi klinisnya, pembesaran ukuran kelenjar tiroid, serta meningkatnya kadar hormon tiroid dan TRAb.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel