-->

Ads

Cara menditeksi ternak yang tidak sehat

Cara menditeksi ternak yang tidak sehat

Ternak yang sedang demam dapat diketahui pada saat ternak sedang beristirahat. Ternak tersebut  akan terlihat  lemah dan tidak bergairah dan kadang-kadang terlihat telinganya terkulai. Ternak babi yang terkena demam akan  memisahkan diri  dari kelompoknya dan rebahan di teempat yang  basah meskipun udara lingkungan sedang dingin. 

  • 1.  Ternak domba yang terkena penyakit "myasis" akan  sering mengibas-ngibaskan  ekornya atau menggisir dan juga  bulu pada daerah pantat terdapat kotoran dan basah. 
  • 2.  Penyakit "Pneumonia" dan "Heat-Stroke" akan mudah  diditeksi pada saat ternak beristirahat. Ternak yang  terkena penyakit  ini akan terlihat kembang kempis kesakitan  dan pernafasan cepat. 
  • 3.  Penyakit "Peritonitis" yang akut juga akan bisa  dilihat pada ternak bila sedang istirahat. Hal ini banyak terjadi pada babi. Babi yang terserang penyakit ini  memperlihatkan  perut   yang sedikit gembung dan terlihat  lemah  dan loyo. 
  • 4.  Penyakit "Enteritis" juga bisa dilihat pada saat  ternak istirahat. Ternak akan terlihat bungkuk karena pada abdomennya ada luka dan akkan mencret bila buang kotoran. 
Memperhatikan ternak yang akan dipotong sangat  penting dilakukan,  karena bila ada tingkah laku yang tidak  normal perlu dicurigai bahwa ternak tersebut ada kelainan.  Disamping diperhatikan pada saat istirahat ternak pun harus diperhatikan pada saat berjalan. Usahakan ternak berjalan  perlahan dan dilihat apa ada kelainan atau tidak.  

Pengawasan  sebaiknya dilakukan pada : 
1.  Sisi sebelah kiri. 
2.  Sisi sebelah kanan.
3.  Bagian depan dan kepala. 
4.  Bagian belakang (kaki dan anus).  

Bila ada sedikit saja yang mencurigakan maka harus dilakukan  pemeriksaan yang lebih intensif. Untuk melihat  kelainan-kelainan ini membutuhkan pengalaman yang cukup.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel