-->

Ads

Prinsip Meningkatkan Urinasi

Prinsip Meningkatkan Urinasi

Menurut Johnson (2004) pengosongan kandung kemih memperkecil risiko timbulnya masalah seperti perdarahan akibat perubahan tempat uterus atau infeksi. Pengetahuan tentang keseimbangan cairan merupakan aspek integral dari penatalaksanaan eliminasi. Hal ini dapat menjadi hal yang penting bagi sebagian wanita, misalnya wanita yang akan menjalani operasi. Stress akibat pembedahan dapat menyebabkan oliguri; yang ditambah dengan penggunaan anestesi dan obat-obat narkotik, yang menurunkan laju filtrasi glomerulus dan menghambat transmisi impuls saraf. Pembedahan abdomen bagian bawah dan struktur panggul dapat menyebabkan edema dan inflamasi, yang membendung saluran ginjal.

Jika ibu nifas tidak berkemih dalam delapan jam atau lebih, dapat dilakukan pemasangan kateter (selang dimasukkan dalam saluran kencing) untuk mengosongkan kandung kemih dari air kencing. Hal itu mungkin bisa menghindari ini dengan hal-hal berikut :

(1)    Memastikan agar minum banyak cairan – yang masuk biasanya akan keluar.
(2)    Jalan-jalan. Bangun dari ranjang dan berjalan-berjalan perlahan segera setelah persalinan akan membantu kandung kemih (dan perut anda) bergerak.
(3)    Jika ibu nifas nyaman dengan adanya penonton, perawat bisa menunggu diluar kamar mandi saat berkemih. Dia bisa kembali masuk saat sudah selesai, untuk menunjukkan cara menjaga kebersihan perineal.
(4)    Jika ibu nifas terlalu lemah untuk berjalan ke kamar mandi dan harus memakai pispot, sebaiknya meminta privasi, pastikan perawat sudah menghangatkannya (jika terbuat dari logam), memberi air hangat untuk disiramkan ke daerah perineal (yang mungkin akan merangsang keinginan untuk kencing). Akan sangat membantu ibu nifas untuk duduk di atasnya, bukan berbaring.
(5)    Menghangatkan area perineal dengan sitz bath atau dinginkan dengan kantong es, sesuaikan dengan kebutuhan ibu nifas.
(6)    Membuka kran air saat ibu berusaha kencing. Air mengalir bisa memicu keinginan ibu nifas untuk buang air kecil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel