-->

Ads

Definisi ASI Air Susu Ibu Lengkap

ASI adalah cairan yang dihasilkan oleh kelenjar payudara wanita melalui proses laktasi dan merupakan makanan bernutrisi, berenergi tinggi, yang mudah untuk dicerna. ASI memiliki kandungan yang dapat membantu penyerapan nutrisi. Pada bulan-bulan awal saat bayi dalam kondisi yang paling rentan. Komposisi ASI tidak selalu sama, komposisinya bervariasi menurut usia bayi, dan bervariasi dari awal hingga akhir menyusui, komposisinya juga bervariasi di antara waktu-waktu menyusui (Afifah, 2009). 

Air Susu Ibu (ASI) adalah bahan makanan alami, ideal, dan fisiologis, mengandung nutrien lengkap dengan komposisi yang sesuai bagi bayi yang lahir dengan cukup umur dalam bulan –bulan pertama kehidupan mereka (Handayani D,2007). ASI adalah emulsi lemak dalam larutan protein, laktosa, dan garam-garam organik yang disekresi oleh kedua belah kelenjar payudara ibu yang berguna sebagai makanan yang utama bagi bayi (Roesli, 2000). ASI adalah satu jenis makanan yang mencukupi kebutuhan bayi baik fisik, psikologi, sosial maupun spiritual. ASI mengandung nutrisi, hormon, antialergi, serta anti inflamasi.

 Nutrisi dalam ASI mencakup hampir 200 unsur zat makanan (Purwanti,2004). Dari beberapa definisi di atas dapat disimpulkan ASI adalah cairan yang dihasilkan oleh kelenjar payudara wanita melalui proses laktasi mengandung nutrien lengkap dan komposisi yang sesuai dengan bayi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel