-->

Ads

Hubungan Latihan Keseimbangan Fisik dengan Keseimbangan Lansia

Hubungan Latihan Keseimbangan Fisik dengan Keseimbangan Lansia

    Aktivitas fisik yang teratur, terencana dan terancang dengan baik dapat melatih otot-otot penopang tubuh yang akan berdampak pada peningkatan status keseimbangan tubuh dan otot yang tidak mengalami atrofi atau kehilangan ukuran dan kekuatannya (Sherewood, 2001).

Menurut Guyton (2007) dengan menggunakan aktivitas fisik teratur dapat menstimulasi kontraksi otot yang berlangsung lebih cepat dari proses penghancurannya. Hal ini akan meningkatkan massa serat otot yang akan berdampak pada terjadinya peningkatan komponen metabolisme otot. Ini akan mengakibatkan terjadinya peningkatan kemampuan sistem metabolik yang meningkatkan energi dan kekuatan otot.Keseimbangan tubuh yang baik tercipta jika tubuh sehat, otot-otot yang menopang kuat, yaitu otot-otot core, otot abdomen dan pelvic, serta anggota ekstremitas bawah kuat dan juga sistem visual, vestibular, tactile dan propioseptive yang baik tidak mengalami gangguan.

Gerakan-gerakan dalam balance excercise berfungsi untuk meningkatkan kekuatan otot pada anggota tubuh bagian bawah (lower-excercise) yang pada akhirnya dapat meningkatkan keseimbangan tubuh (Kusnanto, 2007). Menurut Colon (2002) yang menyatakan bahwa latihan fisik adalah salah satu bentuk intervensi tunggal yang dapat dilakukan pada lansia karena kekuatan kedua ekstrimitas bawah dan keseimbangan dapat terlihat peningkatannya secara nyata dengan program latihan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel