-->

Ads

Fungsi vitamin A pada metabolisme umum

Pada metabolisme umum fungsi ini tampaknya erat berkaitan dengan metabolisme protein.

a.    Integritas epitel

Pada defisiensi vitamin A terjadi gangguan struktur maupun fungsi epitelium, terutama yang berasal ektoderm. Epitel kulit menebal dan terjadi hyperkeratosis. Kulit menunjukkan xerosis (kering) dan garis- garis gambaran kulit tampak tegas. Pada mulut folikel rambut terjadi gumpalan kreatin yang dapat diraba keras, memberikan kesan berbonjol- bonjol seperti kulit kodok tanah (toadskin). Kondisi ini disebut juga phrenoderma atau hyperkeratosis follicularis. Permukaan kulit tersebut sering pula terasa gatal (pruritus).

b.    Pertumbuhan

Pada defisiensi vitamin A terjadi hambatan pertumbuhan. Rupanya dasar hambatan pertumbuhan ini karena hambatan sintesa protein. Gejala in tampak terutama pada anak- anak (BALITA), yang sedang ada dalam periode pertumbuhan yang sangat pesat. Tampaknya sintesa protein memerluka vitamin A, sehingga pada defisiensi vitamin ini terjadi hambatan sintesa protein yang pada gilirannya menghambat pertumbuhan. Telah dilaporkan bahwa pada defisiensi vitamin A terdapat penurunan sintesa RNA, sedang RNA merupakan satu faktor penting pada proses sintesa protein.

c.    Permeabilitas membran

Berbagai percobaan in vitro maupun in vivo menunjukkan bahwa vitamin A berperan dalam mengatur permeabilitas membran sel maupun membran dari suborganel selular. Melalui pengatura permeabilitas membran sel, vitamin A mengatur konsentrasi zat- zat gizi di dalam sel yang diperlukan untuk metabolisme sel.

d.    Pertumbuhan Gigi

Ameloblast yang membentuk email sangat dipengaruhi oleh vitamin A. Pada kondisi kekurangan vitamin A ketika bakal gigi dibentuk, terjadi hambatan pada fungsi ameloblast, sehingga terbentuklah email gigi yang defektif dan sangat peka terhadap pengaruh faktor- faktor cariogenik.

e.    Produksi Hormon Steroid

Diketahui bahwa vitamin A berperan di dalam sintesa hormon- hormon steroid. Terdapat sejumlah hormon steroid yang bersangkutan dengan proses kehamilan dan proses pengaturan keseimbangan garam dan cairan tubuh. Berbagai penelitian dan percobaan menunjukkan bahwa pada defisiensi vitamin A terjadi hambatan pada sintesa hormon- hormon steroid.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel