-->

Ads

Definisi Lansia atau Lanjut usia adalah

Lanjut usia (lansia) merupakan suatu proses alami yang ditentukan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Semua orang akan mengalami proses menjadi tua dan masa tua merupakan masa hidup manusia yang terakhir. Dimana masa ini seseorang mengalami kemunduran fisik, mental dan sosial secara bertahap (Azizah, 2011)

Menurut pasal 1 ayat (2), (3), (4) UU No.13 Tahun 1998 tentang Kesehatan dikatakan bahwa usia lanjut adalah seseorang yang telah mencapai usia lebih dari 60 tahun (Maryam dkk, 2008).

Definisi orang berusia lanjut (tua, pria, atau wanita), bisa jadi merujuk kepada seseorang yang usianya sangat tua, kalau berjalan sudah tidak tegak lagi hingga memerlukan bantuan tongkat.Rambutnya sudah memutih atau beruban.Usianya bisa 60 tahun atau lebih. Secara fisik, dia sudah tidak kuat mengangkat beban yang berat, susah berlari, jalan pun sebentar-sebentar istirahat (Mangoenprasodjo & Hidayati, 2005).

Klasifikasi Lansia

Berikut ini adalah lima klasifikasi pada lansia menurut Depkes RI (2003) dalam Maryam dkk (2008), yaitu: Pralansia (prasenilis) adalah seseorang yang berusia antara 45-59 tahun, Lansia adalah seseorang yang berusia 60 tahun atau lebih, lansia risiko tinggi adalah seseorang yang berusia 70 tahun atau lebih/sesorang yang berusia 60 tahun atau lebih dengan masalah kesehatan, lansia potensial adalah lansia yang masih mampu melakukan pekerjaan dan atau kegiatan yang dapat menghasilkan barang atau jasa, lansia tidak potensial adalah lansia yang tidak berdaya mencari nafkah, sehingga hidupnya bergantung pada bantuan orang lain.

Sedangkan menurut WHO dalam Nugroho (2006) klasifikasi lansia dibagi menjadi empat tahap, yaitu: Usia pertengahan (middle age) 45-59 tahun, Lanjut usia (elderly) 60-74 tahun, Lanjut usia tua (old) 75-90 tahun, Usia sangat tua (very old) diatas 90 tahun.

Birren and Jenner (1977) dalam Nugroho (2006), membedakan usia manusia antara usia biologis, usia psikologis, dan usia sosial. Usia biologis, yaitu jangka waktu seseorang sejak lahirnya berada dalam keadaan hidup tidak mati. Usia psikologis, yaitu kemampuan seseorang untuk mengadakan penyesuaian pada situasi yang dihadapinya. Usia sosial, yaitu peran yang diharapkan atau diberikan masyarakat kepada seseorang sehubungan dengan usianya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel