-->

Ads

Dalil-Dalil Tentang Kewajiban Da’wah

Dalil-Dalil Tentang Kewajiban Da’wah


    Da’wah merupakan kewajiban yang sangat mendapat perhatian besar dalam Islam, karena ada tidaknya da’wah sangat mempengaruhi  lestari atau tidaknya kehidupan Islam. Posisi Da’wah dalam Islam  laksana darah dalam tubuh manusia. Ia yang menyebabkan hidup dan terus tumbuh dan berkembang.
Secara syar’i pun kewajiban da’wah memiliki perintah dan qorinah yang sangat tegas  betapa penting dan bernilai tingginya da’wah ditengah-tengah kehidupan umat manusia, diantaranya :

ادْعُ إِلِى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُم بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ
“Serulah manusia kejalan Rabmu dengan jalan hikmah (hujah yang benar dan Kuat) dan pelajaran yang baik serta bantahlah mereka dengan baik.” (QS. An Nahl: 125)

وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلًا مِّمَّن دَعَا إِلَى اللَّهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِي مِنَ الْمُسْلِمِينَ
“ Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh dan berkata:”Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.”
(QS Al Fushilat : 33)

وَاذْكُرُواْ إِذْ أَنتُمْ قَلِيلٌ مُّسْتَضْعَفُونَ فِي الأَرْضِ تَخَافُونَ أَن يَتَخَطَّفَكُمُ النَّاسُ فَآوَاكُمْ وَأَيَّدَكُم بِنَصْرِهِ وَرَزَقَكُم مِّنَ الطَّيِّبَاتِ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ
“Dan ingatlah (hai para muhajirin) ketika kamu masih berjumlah sedikit, lagi tertindas di muka bumi (Mekah), kamu takut orang-orang (Mekah) akan menculik kamu, maka Allah memberi kamu tempat menetap (Madinah) dan dijadikan-Nya kamu kuat dengan pertolongan-Nya dan diberi-Nya kamu rezki dari yang baik-baik agar kamu bersyukur.” (QS Al Anfal : 26)

Kewajiban da’wah ini diperkuat dengan hadits Rasulullah SAW, diantaranya :

“Sesungguhnya manusia bila melihat kemungkaran, sedangkan mereka tidak berusaha mencegahnya maka tunggulah saat nya  Allah menurunkan Azabnya secara menyeluruh.” (H.R. Abu Dawud)

"Kalian harus mengajak mereka kepada kebaikan dan mencegah mereka dari kemungkaran.  Bila tidak demikian, tentulah Allah SWT akan menjadikan orang-orang jahat diantaramu menguasai kalian dan bila ada orang baik yang berdo’a (untuk keselamatan) maka do’a mereka tidak akan dikabulkan."
(H.R Al Bazzar dan Tabrani)

Dan banyak ayat-ayat dan hadits yang lainnya yang mengharuskan kaum muslimin melakukan da’wah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel