Pengembangan Mata Pelajaran dalam KTSP
9:10 AM
Edit
Pengembangan Mata Pelajaran dalam KTSP
Ditinjau dari model pendekatan pengembangannya, kurikulum 2006/ KTSP menerapkan pendekatan dekonsentrasi, yaitu campuran antara sentra-listik dan desentralistik atau dalam istilah lain mengunakan pendekatan cam-puran model administratif dan model akar rumput (grass root).Model administratif, yaitu model pengembangan kurikulum yang inisi-atif, pelaksanannya ditentukan dan dilakukan oleh pemerintah pusat. Kuriku-lum yang telah jadi disebarluaskan ke sekolah-sekolah untuk dilaksanakan. Sekolah-sekolah/guru-guru tinggal menjalankan apa yang sudah tertuang da-lam kurikulum.
Baca Juga
Standar Komptensi Lulusan dan Standar Isi. Sebagian lagi dikembangkan oleh daerah/sekolah, yaitu menerjemahkan SKL dan SI ke dalam bentuk kurikulum operasional yang digunakan oleh setiap jenjang dan unit pendidikan masing-masing sekolah dengan berpedoman pada rambu-rambu prosedur pengembang- an KTSP yang dikembangkan BNSP.