-->

Ads

Classification vs Clustering



Classification vs Clustering


Dari tugas – tugas data mining yang telah di jelaskan, perbandingan antara Classification dan Clustering menurut (Han & Kamber, Data Mining : Concept and Techniques Second Edition, 2006) lebih spesifik digambarkan sebagai berikut :


           
Classification
Clustering
1.      Menganalisis label  kelas dari data objek.
1. menganalisis data objek tanpa ada label kelas.
2.      Label kelas ada atau terlihat jelas pada training data.
2.label kelas tidak ada  atau tidak terlihat pada training data.
3.      Bertujuan untuk mengelompokan pada kelas – kelas yang telah ditentukan.
3.bertujuan untuk mengelompokan dan menentukan label kelas dari tiap cluster yang telah terbentuk
4.      Proses Klasifikasi berdasarkan pada menemukan sebuah model atau fungsi yang menggambarkan dan membedakan data kelas atau konsep, dengan tujuan untuk dapat menggunakan model untuk memprediksi objek kelas yang kelas labelnya belum diketahui. Model tersebut berdasarkan pada analisis dari training data (data objek yang kelas labelnya telah diketahui.)
4. Proses Clustering berdasarkan pada prinsip: objek yang ada di dalam satu cluster memiliki kemiripan yang tinggi dari pada yang lainnya, tetapi sangat berbeda dengan objek yang ada pada cluster lainnya.
           

Jadi berdasarkan perbandingan antara teknik data mining di atas, maka ditentukan teknik data mining yang digunakan, yaitu classification. Karena adanya penggunaan label kelas pada data yang digunakan yaitu antara jantung dan tidak jantung sehingga bisa membantu analisa pada data pasien baru yang kelas labelnya belum diketahui.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel