-->

Ads

Model pembelajaran Talking stick

Model pembelajaran Talking stick

Model pembelajaran Talking stick berkembang dari model kooperatif learning. Model pembelajaran ini dilakukan dengan bantuan tongkat, siapa yang memegang tongkat wajib menjawab pertanyaan dari guru setelah siswa mempelajari materi pokoknya.
Model pembelajaran talking stick merupakan suatu model pembelajaran yang menggunakan sebuah tongkat sebagai alat petunjuk giliran, guru memberikan siswa kesempatan untuk bekerja sendiri.

1.    Langkah-langkah model talking stick :

a.    Guru menyiapkan tongkat
b.    Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi pada buku pegangannya
c.    Setelah selesai membaca buku dan mempelajarinya guru mempersilahkan siswa untuk menutup bukunya
d.    Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa, setelah itu guru memberi pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru
e.    Guru memberikan kesimpulan
f.    Evaluasi

2.    Kelebihan model pembelajaran talking stick :

a.    Menguji kesiapan siswa
b.    Melatih membaca dan memahami dengan cepat
c.    Agar lebih giat belajar (belajar dahulu)
3.    Kelemahan model pembelajaran talking stick :
a.    Siswa cenderung individu
b.    Materi yang diserap kurang
c.    Ketenangan kelas kurang terjaga
Heriawan, A, dkk. (2012, h. 16)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel