-->

Ads

3 jenis tumbuhan paku

3 jenis tumbuhan paku

1)    Paku Homospor/Isospor

Paku homospor memiliki satu jenis sporangium yang menghasilkan satu jenis spora yang biasanya berkembang menjadi gametofit biseksual (Campbell and Reece, 2012 : 178). Spora yang dihasilkan sama ukuran dan jenisnya. Prothalium menghasilkan anteridia dan arkegonia. Contohnya Nephrolepis, Lycopodium, Drymoglossum (Yudianto, 1992 : 168).

2)    Paku Heterospora

Paku heterspora memiliki dua jenis sporangium dan menghasilkan dua jenis spora (Campbell and Reece, 2012 : 178). Spora yang dihasilkan berbeda ukuran, masing-masing ukuran berbeda jenisnya.Spora berukuran besar (makrospora/megaspore) tumbuhan menjadi prothalium yang menghasilkan arkegonia.Spora berukuran (mikrispora) tumbuh menjadi prothalium yang menghasilkan anteridia. Contohnya Selaginella, Salvinia, Marsilea (Yudianto, 1992 : 168).
 

3)    Paku Peralihan/Campuran

Paku peralihan merupakan jenis tumbuhan paku yang menghasilkan spora dengan bentuk dan ukuran yang sama, serta diketahui gamet jantan dan betinanya (http://zetly.wordpress.com/2010/02/24/tumbuhan-paku/). Spora yang dihasilkan berukuran dan bentuknya sama, tetapi jenisnya berbedaProthaliumnya hanya menghasilkan anteridia atau arkegonia aja. Contohnya Equisetum (Paku Ekor Kuda) (Yudianto, 1992 : 168).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel