-->

Ads

5 Manfaat Tumbuhan Paku

5 Manfaat Tumbuhan Paku

Menurut Yudianto (1992 : 160) banyak tumbuhan paku memiliki manfaat dan peranan penting dalam kehidupan manusia, antara lain :
a)    Tanaman Hias :Adiantum(suplir), Platycerium (paku tanduk rusa), Asplenium (paku sarang burung), Nephrolepis, Alsophila (Paku Tiang) dan lainnya.
b)    Bahan Obat :Equisetum (paku ekor kuda) untuk antidiuretic (lancer seni), Cyclophorus untuk obat pusing dan obat luar, Dryopterus untuk obat cacing pita, Platycerium bifurcate untuk obat tetes telinga luar, dan Lycopodium untuk antidiuretic dan pencahar lemah dan sporanya.
c)    Bahan Sayuran :Marsilea (semanggi), Pteridium aquilidium (paku garuda), dan lain-lain.
d)    Kesuburan Tanah :Azzola pinnata, karena bersimbiosis dengan Anabaena (alga biru) yang dapat mengikat unsur nitrogen dari udara.
e)    Gulma Pertanian :Salvinia natans (kayambang) pengganggu tanaman padi.
Sejak dulu tumbuhan paku telah dimanfaatkan oleh manusia terutama bagi bahan makanan (sayuran). Dewasa ini  pemanfaaatannya semakin berkembang sebagai material baku untuk pembuatan kerajinan tangan, pupuk organik dan tumbuhan obat (Amoroso, 1990 dalam Lubis, 2009 : 14). Sedangkan menurut Polunin (1994) nilai ekonomi tumbuhan paku terutama terletak pada keindahannya dan sebagai tanaman holtikultura beberapa jenis Lycopodinae yang suka panas digunakan sebagai tanaman hias dalam pot, dan paku kawat yang merayap digunakan dalam pembuatan karangan bunga, sedang sporanya kecil – kecil yang mudah terbakar karena kandungannya akan minyak, sehingga dapat digunakan untuk menghasilkan kilat panggung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel