-->

Ads

TUJUAN DAKWAH

TUJUAN DAKWAH

قُلْهَذِهِسَبِيلِيأَدْعُوإِلَىاللَّهِعَلَىبَصِيرَةٍأَنَاوَمَنِاتَّبَعَنِيوَسُبْحَانَاللَّهِوَمَاأَنَامِنَالْمُشْرِكِينَ (١٠٨)
“ Katakan: Inilah jalanku; aku dan pengikutku dan sadar mendakwakan kamu menuju Allah. Maha Sucilah Allah, dan aku tidak termasuk dalam golongan orang-orang musyrik.” QS. Yusuf/12: 108
Tujuan dakwah menurut ayat ini, bahwa pendakwah sebelum mendakwahkan orang lain, pendiriannya sendiri harus jelas dan tugas tentang hal yang didakwahkannya itu. Dalam hal ini, Nabi Muhammad telah menegaskan tempat tegaknya, yaitu diatas jalan Allah, bukan di atas jalan musyrik, dan tujuan dakwah pun jelas, yaitu mengajak manusia berjalan diatas jalan Allah, mengambil ajaran Allah menjadi Jalan hidupnya.
Sesungguhnya Allah telah mengutus para rasul sebagai pembawa berita pahala dan pembawa berita siksa, dengan tugas memperkenalkan Allah kepada seluruh manusia dan membimbing mereka kejalan lurus.Jalan lurus, yaitu jalan kebaikan sesuai yang disyari’atkan Allah SWT.
Tetapi tabiatnya manusia, manusia sering menuju ke arah kesalahan dan sering-sering pula hawa nafsu mengalahkan mereka. Karena itu, untuk mendorong mereka kepada kebenaran dan menetapkan mereka  atas kebenaran itu, memerlukan kesungguhan. Dan karena itu, datanglahperintah berdakwah . yang dijelaskan dalam firman Allah :
فَلِذَلِكَ فَادْعُ وَاسْتَقِمْ كَمَا أُمِرْتَ وَلا تَتَّبِعْ أَهْوَاءَهُمْ وَقُلْ آمَنْتُ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ مِنْ كِتَابٍ وَأُمِرْتُ لأعْدِلَ بَيْنَكُمُ اللَّهُ رَبُّنَا وَرَبُّكُمْ لَنَا أَعْمَالُنَا وَلَكُمْ أَعْمَالُكُمْ لا حُجَّةَ بَيْنَنَاوَبَيْنَكُمُ اللَّهُ يَجْمَعُ بَيْنَنَا وَإِلَيْهِ الْمَصِيرُ (١٥)
“ Maka karena itu, berdakwalah engkau dengan sikap lurus sebagaimana diperintahkan, dan janganlah engkau mengikuti hawa nafsu mereka, dan katakan: “ Aku beriman dengan kitab yang diturunkan Allah...” QS. Asy-Syura/42: 15
وَإِنْجَادَلُوكَفَقُلِاللَّهُأَعْلَمُبِمَاتَعْمَلُونَ (٦٨)
“ Dan berdakwalah kepada jalan Tuhan-mu, sesungguhnya engkau berada di atas jalan lurus.” QS. Al-Hajj/22: 67
وَلايَصُدُّنَّكَعَنْآيَاتِاللَّهِبَعْدَإِذْأُنْزِلَتْإِلَيْكَوَادْعُإِلَىرَبِّكَوَلاتَكُونَنَّمِنَالْمُشْرِكِينَ (٨٧)وَلاتَدْعُمَعَاللَّهِإِلَهًاآخَرَلاإِلَهَإِلاهُوَكُلُّشَيْءٍهَالِكٌإِلاوَجْهَهُلَهُالْحُكْمُوَإِلَيْهِتُرْجَعُونَ (٨٨)
“ Dan jangan sampai mereka dapat menyelewengkan engkau dari ayat- ayat Allah setelah ia turunkepada engkau, dan berdakwalah kepada Tuhan-mu, dan jang sampai engkau termasuk dalam golongan orang-orang musyrik. Janganlah mendakwah di samping Allah tuhan lain: tidak ada tuhan selain dari pada Dia, segala sesuatu binasa kecuali wajahnyya, segala hukum milik-Nya pula kamu akan dikembalikan.” QS. Al-Qashosh/28: 87-88
            Dan dakwah jelas terbuka untuk umum dan untuk khusus, ia memperlihatkan garis-garis yang paling halus atau mendasar. Dalam memanggil manusia kepadanya, dasar dakwah ialah penglihatan, logika dan kebenaran; tiangnya ialah dalil yang bukan paksaan dan tidak berlapiskan syubhat[9]:
لِكُلِّأُمَّةٍجَعَلْنَامَنْسَكًاهُمْنَاسِكُوهُفَلايُنَازِعُنَّكَفِيالأمْرِوَادْعُإِلَىرَبِّكَإِنَّكَلَعَلَىهُدًىمُسْتَقِيمٍ (٦٧)
“ untuk tiap-tiap umat telah kami tetapkan ibadat tertentu, yang terus mereka lakukannya. Karena itu, mereka tidak boleh menentang engkau dalam urusan ini. Dan berdakwahlah kepada Tuhan-mu, sesungguhnya engkau berada di atas jalan lurus. QS. Al-Hajj/22: 67
Ayat ini memesankan, bahwa dalam berdakwah tidak boleh menghiraukan tantangan para penentang, karena orang yang telah mendapatkan taufik kejalan lurus, tidak pantas meladeni tentangan orang-orang yang telah keharaman petunjuk.
Demikianlah perintah dakwah datangnya berulang-ulang dalam berbagai ayat.
Maka dari kita mengerti, bahwa dakwah yang mencukupi yaitu dakwah yang dibangun atas landasan ajaran dan alasan baik, dan para pendakwah adalah mereka yang paling benar perkataan dan paling mulia kelakuannya.
Dengan ini, jelas bahwa pengertian dakwah dan kemana tujuannya. Dakwah yaitu mengajak orang lain untuk meyakini dan mengamalkan aqidah dan syariat Islam yang terlebih dahulu telah diyakini dan diamalkan oleh pendakwah sendiri. Tujuan dakwah, yaitu membentangkan jalan Allah diatas bumi agar dilalui umat manusia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel