-->

Ads

teknik berorientasi pada keluaran

teknik berorientasi pada keluaran.

dasarnya berupa sasaran2 yang harus dicapai dalam jangka waktu tertentu. teknik ini merupakan bagian dari managemen berdasarkan sasaran (management by objectives/mbo)
tahapan yang harus dicapai dalam mbo:
  1. 1.    tahap penetapan tujuan, pada tingkat perorangan, atasan bersama bawahan menentukan tujuan dari bawahan.
  2. 2.    tahap perencanaan aksi, bawahan membuat suatu rencana untuk mencapai sasaran2 perorangannya, yang kemudian didiskusikan dengan atasannya sampai mencapai kesepakatan.
  3. 3.    tahap kendali diri mengacu pada pengukuran dan pemamtauan secara sistematis dari pelaksanaan pekerjaan oleh tenaga kerja sendiri dan dibicarakan ber-sama2 dengan atasan
  4. 4.    tahap peninjauan kembali dimana secara periodik atasan dan bawahan ber-sama2 menilai sejauh mana sasaran perorangan perlu ditetapkan kembali.
kebaikan:
•    penekanan ialah pada orientasi hasail
•    menimbulkan moivasi karena tenaga kerja tahu secara jelas apa yang diharapkan darinya.
•    ada suatu keterikatan dengan usaha pencapaian tujuan/ sasaran perorangan karena berperan serta secara aktif dalam menentukan sasaran.

kelemahan:
tidak efektif dilingkungan managemen yang kurang percaya pada tenaga kerjanya,dan dimana managemen mengambil keputusan secara otoriter dan mendasarkan diri pada kendali dari luar dan dimana tenaga kerjanya bersifat independen.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel