-->

Ads

manajemen dan manager

manajemen dan manager

A. Manajemen (Management) :

Proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai sasaran organisasi yang sudah ditetapkan.

Manajemen harus dilakukan secara terus menerus di dalam organisasi. Organisasi harus mempunyai orang yang bertanggung jawab terhadap organisasi dalam mencapai sasaran. Orang ini disebut Manajer

B. Fungsi Manajemen

Aktifitas merencanakan (planning), mengorganisasikan (organizing), memimpin (leading) dan mengendalikan (controlling) aktifitas bisnis dari suatu organisasi / perusahaan

C. Manajer (Manager)


Orang yang bertanggung jawab untuk mengarahkan usaha yang bertujuan membantu organisasi dalam mencapai sasarannya

D. Peran Manajer :


1. Peran antar pribadi (interpersonal Roles)

Seorang manager menyangkut interaksi  dengan pihak dalam maupun luar perusahaan  sebagai pemimpin perusahaan, pemimpin dan penghubung.

2. Peran informasional (Informational roles)

Melibatkan pemberian, penerimaan, dan  penganalisaan informasi. Dengan peran yang dimainkan sebagai pengawas, penyebar informasi dan juru bicara.

3. Peran memutuskan (decisional roles)

Menyangkut pemanfaatan informasi untuk membuat keputusan dalam memecahkan permasalahan atau melihat kesempatan yang ada, Peran yang dimaikan adalah sebagai enterpreneur, penanganan kerusakan, pengalokasian sumber daya dan negosiasi

E. Tingkatan Manajemen

1. Manajer Lini Pertama (First Line Managers)

Manajer yang bertanggung jawab terhadap pekerjaan karyawan operasional saja dan tidak membawahi manajer lain. Ini merupakan manajer terendah dalam hierarki organisasi. Contoh : supervisor produkdi dalam pabrik

2. Manajer Menengah (Middle Managers)

Manajer yang berada di tengah-tengah dalam hierarki organisasi. Manajer ini bertanggung jawab atas manajer lain (yang ada di bawahnya) kadang – kadang juga terhadap karyawan operasional. Manajer ini juga bertanggung jawab kepada manajer yang lebih senior. Contoh :  Manajer Produksi

3. Manajer Puncak (Top Managers)

Manajer yang bertanggung jawab atas seluruh manajemen dari organisasi. Manajer ini menetapkan kebijakan operasional dan pedoman interaksi organisasi dengan lingkungnnya. Orang-orang ini disebut : eksekutif. Contoh : Presiden/wakil presiden di organisasi, chief executive officer

F. Keahlian Manajemen



1. Keterampilan Teknis (Technical Skill)

Kemampuan menggunakan prosedur, teknik dan pengetahuan bidang khusus. Keterampilan teknis paling penting untuk manajer tingkat bawah

2. Keterampilan Manusiawi (Human Skill)

Kemampuan untuk bekerja sama, memahami dan memotivasi orang lain sebagai individu atau dalam kelompok. Keterampilan primer yang sangat dibutuhkan oleh manajer tingkat menengah

3. Keterampilan Konseptual (Conceptual Skill)

Kemampuan untuk mengkoordinasikan dan mengintegrasikan semua kepentingan dan aktivitas organisasi. Keterampilan yang sangat dibutuhkan oleh manajer tingkat puncak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel