-->

Ads

pengertian MULTIMEDIA lengkap beserta seluruh penjelasannya


PENGANTAR MULTIMEDIA

DEFINISI MULTIMEDIA

MULTIMED I A   :

1. MULTI [latin nouns] :
banyak; bermacam-macam
2.MED IUM  [ l a t i n ]   :
sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasiMultimedia  dapat  diartikan  sebagai  penggunaan  beberapa  media  yang  berbeda  untuk  menggabungkan  dan  menyampaikan  informasi  dalam  bentuk  text,  audio,  grafik, animasi, dan video. 

Beberapa definisi menurut beberapa ahli:

1.  Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)
2.   Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick, 1996)
3.   Kombinasi  dari  paling  sedikit  dua  media  input  atau  output.  Media  ini  dapat  berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002)
4.   Alat  yang  dapat  menciptakan  presentasi  yang  dinamis  dan  interaktif  yang  mengkombinasikan  teks,  grafik,  animasi,  audio  dan  video  (Robin dan  Linda,  2001)
5.   Multimedia   dalam   konteks   komputer   menurut   Hofstetter   2001   adalah:   pemanfaatan  komputer  untuk  membuat  dan  menggabungkan  teks,  grafik,  audio,   video,   dengan   menggunakan   tool   yang   memungkinkan   pemakai   berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi. Sedangkan menurut
wikipedia.org:
Multimedia  is  the  use  of  several  different  media  to  convey  information  (text,  audio,  graphics,  animation,  video,  and  interactivity).  Multimedia  also  refers  to  computer data storage devices, especially
 those used to store multimediantent. 

DEFINISI KOMPUTER MULTIMEDIA

Menurut wikipedia.org: Komputer Multimedia adalah sebuah komputer yang dikonfigurasi sesuai dengan rekomendasi  dan  memiliki  sebuah  CD-ROM.  Standarisasi  computer  multimedia  dilakukan  oleh  "Multimedia  PC  Marketing  Council",  sebuah  kelompok  kerja  dari  sebuah  perusahaan  yang  dahulu  bernama  Software  Publishers  Association  (sekarang bernama Software and Information Industry Association). Perusahaan ini  merupakan  gabungan  dari  Microsoft,  Creative  Labs,  Dell,  Gateway,  dan 
Fujitsu.

Kenapa CD-ROM?

Karena dahulu multimedia sebatas hanya kemampuan komputer untuk menampilkan video melalui sebuah CD-ROM saja. Standar Komputer Multimedia menurut Software and Information
Industry Association: Pada tahun 1990
:

16 MHz 386SX CPU

2MB RAM

30MB hard disk

256-color, 640 x 480 VGA video card

1x CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read, with <
1second seek time

Sound card outputting 22 kHz, 8-bit sound; and inputting 11 kHz, 8-bit
sound

Windows 3.0 with Multimedia Extensions.
Pada tahun 1993:

25 MHz 486SX CPU

4 MB RAM

160 MB hard disk

16-bit color, 640

480 VGA video card

2X CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read at 1x,
with < 400ms seek time

Sound card outputting 44 kHz, 16-bit sound

Windows 3.0 with Multimedia Extensions, or Windows 3.1
Pada tahun 1996:

75 MHz Pentium CPU
• 8 MB RAM
• 540 MB hard disk
• Video system that can show 352

240 at 30 frames per second, 15-
bit color
• MPEG-1 hardware or software video playback
• 4x CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read, with <
250ms seek time
• Sound card outputting 44 kHz, 16-bit sound
• Windows 3.11

MENGAPA MULTIMEDIA?

Multimedia dapat digunakan dalam:
1.  Bidang periklanan yang efektif dan interaktif
2.  Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik
3.  Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang
menarik, informatif, dan interaktif 
Menurut riset Computer Technology Research (CTR):
1.  Orang mampu mengingat 20% dari yang dilihat
2.  Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar
3.  Orang mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat
4.  Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar, dilihat, dan dilakukan.
Multimedia mampu:
1. Mengubah tempat kerja
. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor. Contoh software yang mendukung teleworking/telecommuting: Netmeeting!
2. Mengubah cara belanja. Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang dating dengan sendirinya.
3. Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.
4. Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi.Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi.
5. Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan computer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
6. Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio. Media (berdasar ISO93a) dapat diklasifikan menjadi beberapa  kriteria :
1. Perception Medium

   Perception media membantu manusia untuk merasakan lingkungannya
   “Bagaimana manusia menerima informasi pada lingkungan komputer?” >> Persepsi informasi melalui penglihatan atau pendengaran
   Perbedaan persepsi informasi melalui “melihat” dan “mendengar”
   Aspek pada perception medium :
i.Aspek Representative Space: sesuatu yang terkandung dalam
presentasi secara nyata
- Kertas, layar
- Slide show, power point
ii. Aspek Representative Values: nilai-nilai yang terkandung dalam
presentasi
- Self contained (interpretasi tiap orang berbeda), misal:
suhu, rasa, bau
- Predefined symbol set (sudah disepakati sebelumnya),
misal: teks, ucapan, gerak tubuh
iii. Aspek Representative Dimension
- Ruang (space)
- Waktu (time) :
time independent
, discreet (text, grafis)
time dependent
, continuous media (video, audio,
sinyal dari sensor yang berbeda)

2. Representation Medium


   Representation media ditentukan oleh representasi informasi oleh komputer
   “Bagaimana informasi pada komputer dikodekan?” , Menggunakan berbagai format untuk merepresentasikan informasi. Contoh :

   Text : ASCII dan EBCDIC

   Grafis : CEPT atau CAPTAIN videotext

   Audio stream : PCM (Pulse Coding Method) dengan kuantisasi linier 16 bit

   Image : Facsimile (standard ISO) atau JPEG

   Audio/video : TV standard (PAL, SECAM, NTSC), computer standard (MPEG)

3. Presentation Medium


   Tool dan device yang digunakan untuk proses input dan output informasi

   “Melalui media apa informasi disajikan oleh komputer, atau dimasukkan
ke komputer?”

   Output : kertas, layar, speaker
   Input : keyboard, mouse, kamera, microphone

4. Storage Medium


   Pembawa data yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan informasi (tidak terbatas pada komponen komputer)

   “Dimanakah informasi akan disimpan?” microfilm, floppy disk, hard disk,
CD ROM, DVD, MMC, SDCard

5. Transmission Medium


   Pembawa informasi yang memungkinkan terjadinya transmisi data secara kontinyu (tidak termasuk media penyimpanan)

   “Melalui apa informasi akan ditransmisikan?” melalui jaringan, menggunakan kabel (coaxial, fiber optics), melalui udara terbuka (wireless)

6. Information Exchange Medium


   Pembawa informasi untuk transmisi, contoh : media penyimpanan dan media transmisi

   “Bagaimana informasi dari tempat yang berbeda saling dipertukarkan?” direct transmission dengan jaringan komputer, combined (storage dan transmission media), web yang berisi informasi, e-book, forum

SISTEM MULTIMEDIA

A multimedia system is any system which supports more than a single kind of media [AHD 1991].
Bagaimana sistem bisa disebut sebagai sistem multimedia?

1. Kombinasi Media

Sistem disebut sistem multimedia jika kedua jenis media (continuous/discrete) dipakai. Contoh media diskrit : teks dan gambar, dan media kontinu adalah audio dan video.

2. Independence

Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antar media tersebut. Sistem disebut sistem multimedia jika tingkat ketergantungan/ keterkaitan antar media tersebut rendah.

3. Computer-supported Integration

Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer. Sistem dapat diprogram oleh system programmer/ user.Sistem Multimedia dapat dibagi menjadi:

1. Sistem Multimedia Stand Alone

Sistem ini berarti merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan output (speaker, monitor, LCD Proyektor), VGA dan Soundcard.

2. Sistem Multimedia Berbasis Jaringan

Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar. Perbedaannya adalah adanya sharing system dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama. Contoh: video conference dan video broadcast Permasalahan: bila bandwidth kecil, maka akan terjadi kemacetan jaringan, delay dan masalah infrastruktur yang belum siap.

DATA STREAM

Dalam sistem multimedia terdistribusi, data ditransmisikan (time dependent) dan terjadi pertukaran informasi
Transmisi informasi dapat dikategorikan :
1. Berdasar mode transmisi
a. Asynchronous Transmission Mode

   Komunikasi tanpa batas waktu. Packets mencapai penerima secepat mungkin 
   Paket yang dikirm cepat karena tidak perlu adanya sinkronisasi
   Informasi untuk discrete media dapat ditransmisikan sebagai asynchronous data stream

   Contoh : transmisi e-mail
b.
Synchronous Transmission Mode

   Terdapat batas waktu tunda maksimal untuk setiap packet dari
suatu data stream

   Butuh   sinkronisasi  

   Penerima butuh buffer untuk menyimpan data sementara sambil
menunggu paket lengkap
c. Isochronous Transmission Mode

   Terdapat batas waktu tunda maksimal dan minimal

   Melakukan garansi paket diterima dengan baik

   Client memberikan informasi k
epada server tentang statusnya

   Membutuhkan buffer yang sangat besar
2. Berdasar periode streaming
a. Strongly Periodic Stream

Interval waktu antara dua packet yang berurutan tetap


Contoh : PCM coded
b. Weakly Periodic  Stream
• Interval waktu antara dua packet yang berurutan dapat dideskripsikan dengan fungsi periodic
c. Aperiodic
Stream Interval waktu tidak beraturan
3. Berdasar ukuran packet
a. Strongly Regular Stream

Ukuran packet konstan

Contoh : uncompressed audio/video stream
b. Weakly Regular Stream

Ukuran packet data berubah secara periodik

Contoh : MPEG
c. Irregular Data Stream

Ukuran packet data tidak tentu

KARIER MULTIMEDIA

Secara umum : Pemasaran, animasi, desain grafis, electronic publishing, editor, desain game, public relations, spesial efek, produksi video, dan web master. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel